Mungkin dari judulnya udah agak berlebihan, tapi saya akan ngeposting tentang pengalaman KKN saya selama 2 minggu kemarin di sebuah desa yang agak terpelosok di Jombang, Jawa Timur. Sebelumnya, udah lama nih ngga buka blog, eh.. Udah banyak aja sarang laba-labanya. Hahaha #DitendangSpiderman.

Oke dah langsung aja, jadi KKN adalah program dari kampus tercinta saya yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa dari semua jurusan yang ada di kampus. Dan KKN ini diselenggarain selama 2 minggu, disini kita dibagi tiap kelompok dimana tiap kelompok terdiri dari 25-26 mahasiswa dan dari mahasiswa yang beda-beda jurusan. Saya dapet kelompok urutan 13, sebulan sebelum KKN dimulai saya dan teman-teman sekelompok saya ngumpul-ngumpul buat kenalan (secara kita dari jurusan yg beda) dan sharing-sharing soal persiapan KKN. Kita survey desa yang bakal kita KKN-in #Halah, survey segala macem buat program kerja (PROKER), plus survey rumah yang bakal kita tinggalin selama 2 minggu KKN. Sampai pada akhirnya semua udah fix, udah tinggal berangkatnya aja dan kita ngepacking barang-barang kita ke tempat KKN. Kita berangkat naek bus yang udah disediain sama kampus, di jalan sih nyantai-nyantai aja. Perjalanannya sekitar 2 jam, nglewatin jalanan dari yang jalan aspal alus sampe aspal yang ngga bisa disebut aspal lagi. Oh, ternyata disana jalanannya parah rusaknya (namanya juga desa agak pelosok sih yaa), parahnya lagi sama sopir busnya kita diturunin di persimpangan dimana jarak persimpangan sama desa tempat KKN itu sekitar 3 km.
Alamaaakkk... Kita jalan 3 km dah tuh, gempor-gempor dah tuh kaki. Nyampe di desanya kita langsung ke balai desa buat kenalan sama perangkat-perangkat desa tersebut, selesai sesi perkenalan kita langsung cabut ke rumah tempat kita tinggal (Posko KKN) yaitu rumah salah satu warga di desa situ, yg alhamdulillah rumahnya cukup gede buat ditinggalin 26 anak umpel-umpelan tumpek blek jadi satu. Hahaha. Buat yang cewe-cewe dapet 2 kamar, 1 kamar diisi 4 cewe (yang badannya agak gedean haha), 1 lagi diisi 5 cewe (yang badannya krempengan haha saya termasuk). Iya, dari 26 anak cewenya ada 9 dan cowonya ada 17 ekor. Cowonya dapet 2 kamar juga, ngga tau gimana pembagian kamarnya yang jelas banyakan yg tidur di ruang tengah.

Minggu pertama hari-hari terasa so so so lambreta, karena kita ngrasa ngga betah (maklum masih kebawa efek di rumah sendiri). Dan buat saya yang bikin ngga betah adalah soal makan. Iya, MAKAN. "Kenapa makannya, Mel?". Bukannya apa-apa, untuk urusan makan saya emang agak ribet, kalo ngga cocok sama makanannya ya ngga bakal makan. Iya, terlalu pilih-pilih emang. Jangan tanya kenapa, udah bawaan dari orok kayak gitu. Hari-hari pertama berlalu dengan penuh keluhan, "Aku pengen pulang!", "Ngga betah, huaaaa..", "Coba kalo di rumah...", bla bla bla. Ngga banyak yang saya lakuin disitu karena proker divisi saya baru jalan di minggu kedua (saya kebagian divisi kesehatan), jadi saya cuma bantuin ala kadarnya divisi lain yang lagi kerja di minggu pertama. Selebihnya? TIDUR!. "Kenapa kata tidurnya harus pake capslock, Mel?". Iya, karena di tempat KKN-pun saya masih amat sangat doyan tidur, sodara-sodara.. Bahkan dari ke-9 cewe di kelompok KKN saya, saya lah yang bangunnya paling siang. SELALU!. Ngga tau ya kenapa tidur itu kayaknya paling enak #Plak. Selain keluhan-keluhan, hal yang ngebuat minggu pertama berjalan lama adalah belum akrabnya kita sekelompok, jadi cuma saling kenal biasa, ngobrol biasa, makan biasa, tidur biasa, dan biasa-biasa lainnya. Dan kegiatan paling gencar cewe-cewe yang sekamar sama saya selama minggu pertama adalah menonton KDrama #Eeaaa.

Minggu kedua, hari-hari is so so so faster. Berlalu begitu cepat gitu aja, disaat kita semua udah mulai pada akrab, udah pada kompak (ya dari awal sih emang udah kompak kali), udah pada klob lah pokoknya kita udah ngerasa kayak saudara sendiri. Intensitas tidur saya juga lumayan berkurang, tapi ya tetep aja PELOR (nempel bentar langsung molor). Hahaha harap maklum, sodara-sodara. Oke, di minggu kedua ini saya sebagai divisi kesehatan menjalankan proker kita yaitu antara lain penyuluhan gigi sehat dan gizi sehat untuk anak-anak, plus penyuluhan efek negatif free sex dan pentingnya penggunaan pentiliner. Sasaran dari proker pertama adalah anak-anak dan balita, jadi kita langsung menuju lokasi posyandu. Disitu kita bagi-bagiin biskuit balita, susu, sikat gigi sama odol buat adik-adik lucu nan unyu-unyu. Proker kedua kita ngadain penyuluhan di balai desa, dengan mengundang remaja-remaja di desa tersebut. Disitulah, nyali saya diuji sebagai pembicara diantara remaja-remaja, padahal ngga punya pengalaman sama sekali jadi pembicara (paling juga presentasi kalo di kelas-kelas). Yang alhamdulillah, cukup lancar juga ternyata saya memberi penjelasan sama mbak-mbaknya dan yang ngebuat saya cukup takjub, dari pembicaraan itu saya bisa ngebuat suasana jadi ngga ngebosenin karena ada selingan humornya juga. Ahh leganya. Padahal udah was-was aja pas awalnya takut gagap dan bikin kriuk suasana.

Dari serangkaian kegiatan selama 2 minggu yang ngga bisa diceritain semua secara rinci, akhirnya udah waktunya juga kita perpisahan sama warga-warga disitu. Kita ngadain acara bakar-bakar rumah #Plak. Bukanlah, bakar-bakar ikan. Acaranya diadain pas malem, malem terakhir kita disitu. Kita begadang sampe malem sama warga, kelar acara, kita ngadain evaluasi terakhir plus ngeluarin uneg-uneg selama 2 minggu disitu. Ini momen paling "ter" banget lah buat kita, dari situ kita tau si ini ngga suka sama si itu, si itu suka sama si ono. Berbagai macem perasaan yang kita rasain selama 2 minggu kita ungkapin. Ternyata ada yang cinlok juga. Hahaha. Emang ngga sampe jadian, karena mayoritas di kelompok kita semua udah ngga available lagi (termasuk saya juga dong), jadi yaaaaaaaaa cuma sekedar perasaan aja sih. Saya ngga termasuk dari daftar anak-anak yang cinlok. Saya masih sangat menghargai perasaan pasangan saya, dan alhamdulillah bisa ngendaliin perasaan gimana caranya biar ngga cinlok #Ceilah #Ehem. Yaudah sih, kayak gitu malem terakhir kita. Besok paginya kita dengan ngga ba bi bu (pamit sama bapak, ibu, mas yang punya rumah yang udah bersedia menampung kita-kita kaum jahanam hahaha) langsung cabut pulang. Balik ke kampus kita tercinta.

Btw, selama 2 minggu KKN saya dapet panggilan baru yaitu Memey dan Boneka Ajaib. Memey, itu panggilan dikasih sama temen-temen sekamar, yang kata mereka sih artinya itu adik. Trus kalo Boneka Ajaib (Panggilan Paling Terkutuk) itu dikasih sama 2 temen KKN dari jurusan hukum, yang kata mereka suara saya ini cempreng dan kayak boneka. #Sigh. Anw, makasih juga buat Bapak, Ibu, dan Mas Sigit yang udah mau direpotin kita selama 2 minggu tinggal numpang di rumah. Dan ngga lupa, buat kelompok KKN 13 tercinta buat semua kisah nano-nano-nya selama 2 minggu kita bareng. Ini ngga bakal lupa! :)


Leave a Reply

Amelia. Powered by Blogger.