Postingan ini bermula dari tweet berikut:



Andri, makhluk purba dari antah berantah dengan tweetnya tersebut sukses membuat saya tadi malam menggebu-gebu streaming video dan ngubek-ngubek Soundcloud demi lagu anak-anak era 90'an.

Saya kangen masa-masa dimana Trio Kwek-Kwek, Saskia dan Giofanny, Cindy Cenora, Chikita Meidy, Joshua, Tasya dan artis-artis cilik lainnya yang setiap weekend muncul di acara musik anak-anak. Dulu, saya nggak pernah ketinggalan nongkrong di depan TV nonton Ciluk Ba yang dipandu oleh Maissy atau Tralala Tralili yang dipandu oleh Agnes Monica. 2 acara tersebut mungkin kalo jaman sekarang sama hebohnya dengan acara musik pagi di TV. Bedanya, 2 acara musik anak-anak tersebut nggak perlu ngeboyong warga sekampung buat joget cuci-jemur-setrika. Dan tentu saja dulu saya juga punya lagu anak-anak favorit yang rajin saya putar di tape bapuk kesayangan sebelum berangkat atau sepulang sekolah. Langsung saja, cekidot!


1. Trio Kwek-Kwek — Katanya


Lagu yang booming di tahun 1998 ini dinyanyikan oleh Leony, Dea Ananda dan Alfandi yang mengatas-namakan diri mereka sebagai Trio Kwek-Kwek. Lagu yang menyebutkan beberapa nama negara beserta dengan kebudayaan dan ke-khas-annya. "Indonesia negeriku. Orangnya lucu-lucu. Gemah ripah loh jinawe." Adalah sepenggal lirik dalam lagu ini yang dulu paling saya hapal dan saya nyanyikan berulang-ulang, lengkap dengan meniru formasi tiga personil ini bersama mbak dan adik laki-laki saya. Hahaha.

2. Susan dan Kak Ria Enes — Susan Punya Cita-Cita


Susan adalah boneka perempuan yang selalu ngintil dibawa-bawa oleh kak Ria Enes, boneka yang khas dengan suaranya yang cempreng, centil dan cerewet. Dulu, saya pikir Susan ini boneka yang bisa ngomong beneran loh. Maklum, namanya juga anak-anak kan belum ngerti. Muehehehe. Lagipula Susan terlihat meyakinkan ketika ngomong dengan mulutnya yang seolah-olah bergerak-gerak (yaiya lah.. orang digerak-gerakkin sama kak Ria).
Lagu ciptaan Papa T. Bob ini adalah racun bagi anak-anak TK jaman dulu. Coba diingat-ingat waktu TK kalian ketika ditanya tentang cita-cita jawabnya apa? Kalau nggak dokter, insinyur ya presiden kan? Atau jangan-jangan cuma saya yang seperti itu?
Btw, saya sukses ngakak melihat video-clip ini. Ternyata Raditya Dika benar, Susan ini psikopat —dan imbisil menurut saya. Lihat aja, di video ini Susan mengendarai mobil-mobilan (yang biasanya dipakai oleh balita) di jalan raya. Iya, DI JALAN RAYA. Dia mau bunuh diri atau biar terlihat anti-mainstream dengan mobil-mobilannya itu? Dan ada adegan dia menabrak tong sampah yang di dalamnya ada kucing, dan alhasil si kucing lari terbirit-birit. Mungkin si kucing takut disuntik sama Susan. Terlepas dari video-clipnya yang aneh (yang dulu tidak saya sadari) saya suka menyanyikan lagu ini. Sok-sok karaoke di kamar mandi sebelum berangkat sekolah.

3. Cindy Cenora — Aku Cinta Rupiah


Kalo anak-anak kecil jaman sekarang disuguhkan dengan lagu-lagu berlirik aku cinta kamu. Berbanggalah kita yang lahir sebagai anak 90an. Lagu aku cinta rupiah yang memberi pesan agar kita mencintai rupiah, produk Indonesia. Pun secara harafiah, jangan-jangan lagu ini memang diciptakan demi mencuci otak kita untuk benar-benar "mencintai rupiah", sebut saja matrealistis (duh, prasangka banget sih, Mel). Ah, tapi kita kan masih kecil waktu dengerin lagu ini, mana ngerti uang rupiah atau dolar. Uang yang saya tahu sih waktu heboh-hebohnya lagu ini ya cuma uang mainan. Wkwkwk.
Ada satu lagu lagi dari Cindy Cenora yang saya suka nyanyiin, Krismon (Krisis Moneter). Cindy ini kecil-kecil kayak yang udah ngerti aja soal krismon.

4. Joshua — Diobok Obok


Ah, siapa sih yang nggak kenal sama Joshua? Penyanyi cilik nan imut ini sekarang sudah beranjak dewasa ternyata, beberapa kali muncul di serial-serial TV. Kayaknya saya setuju kalo ada yang bilang lagu ini yang ngebikin Joshua jadi terkenal. Lagu yang mengkampanyekan untuk sering-seringlah mengobok-obok air sebelum mandi —dan membunuh ikan-ikan. *uopoooh*
Demi lagu ini, saya pernah membeli ikan, kemudian saya taruh di bak dan bareng-bareng mengobok-obok air di dalam bak dengan adik saya sambil tanpa berdosa menyanyikan lagu ini. Tunggu........ Ternyata masa kecil saya berbakat jadi anak imbisil gegara lagu ini.
Soundcloud di atas nggak sengaja saya temuin, versi remix. Menyesuaikan sama kuping kita lah kali ini.

5. Melisa dan Kak Seto — Si Komo Lewat


Inilah jawaban atas penyebab macetnya ibu kota. Ada Si Komo lewat. Lagu ini dirilis tahun 1992 (ogut baru umur setahun bo') dengan Kak Seto sebagai pengisi suara Si Komo. Kalo di tahun segitu ibu kota udah macet gegara Si Komo, kabar semakin parahnya kemacetan di ibu kota sekarang ini jangan-jangan gegara Si Komo lewat ngajakin temen-temennya yang lain, yang antara lain Si Ulil, Si Belu, Si Dompu sama Si Piko. Duh, Komo... kan jalannya jadi macet. Huft.
Nah, kalo sedang terjebak macet di jalanan, coba dengerin lagu ini. Lumayan, itung-itung buat sedikit hiburan. :P

6. Tasya — Libur Telah Tiba


Sebentar. Kenapa Soundcloudnya yang versi The Changcuters? Suka-suka saya dong. Blog-blog saya. Postingan juga saya yang bikin. *kemudian digaplok*
Saya nyari Soundcloud yang versi Tasya nggak nemu dan saya enggan menaruh link youtube di sini (Heh, lah itu yang di atas apa, hah?) *kalem*
Tidak penting Soundcloud versi siapa. Yang penting kita tahu ini lagu sakral dalam rangka menyambut liburan. Hore.. Hore.. Setelah 1 cawu (catur wulan, red) berkutat dengan buku-buku pelajaran, lagu ini ngebikin anak-anak sekolah jadi sumringah pasca menerima rapot. Bodo amat nilai rapot banyak angka merahnya, yang penting liburan. :))

7. Saskia dan Geofanny — Menabung


Lagu yang menyerukan kepada kita untuk rajin menabung ini dinyanyikan oleh Saskia dan Geofanny bareng Titiek Puspa. Selain Saskia dan Geofanny, juga ada Angie yang biasanya nyanyi bareng mereka. Btw, setelah lama nggak nongol si Geofanny sekarang yang jadi bintang iklan Miz**e itu bukan? Iklan produk minuman yang jalannya miring-miring itu loh. Lah, kenapa jadi ngebahas iklan? *ditoyor*

8. Livia — Papa Genit


Biar saya tebak, pasti pada lupa sama lagu ini, ya kan? Atau mungkin malah ada yang nggak tahu. Lagu ini memang tidak seheboh seperti lagu-lagu di atas pada jamannya. Penyanyinya juga nggak terkenal.
Saya shock *halah* ketika tahu siapa yang menciptakan lagu ini. Coba lihat videonya, di situ tertera nama pencipta lagu ini. Iya, penciptanya adalah artis yang lagi gempar dengan gosip pencalonan dirinya sebagai presiden. Penyanyi dangdut yang heboh dengan polemik polygami dan issue SARA-nya tempo hari. *ini ngomong apa sih?*

*****

Selain lagu-lagu di atas, masih banyak lagu anak-anak lainnya yang sering saya nyanyiin dulu. Oh, kecuali lagunya Chikita Meidy. Nggak tahu deh, saya dulu nggak suka banget sama Chikita Meidy. Centil banget sih, sama gaya ngomongnya itu loh.. sok sok gimana gitu. *ditabok*
Apalagi sama Tina Toon, lagunya bolo-bolo itu maksudnya apa coba? Mana pake acara joget geleng-geleng kepala pula. Saya kan nggak bisa niruin gaya seperti itu. Hmm....

Ah sudahlah, sebagai anak yang tumbuh berkembang di tahun 90an saya sangat senang dan bangga. Tetap bisa merasakan kepolosan sebagai anak kecil dengan menonton acara-acara berkualitas yang sesuai dengan umur. Miris melihat anak-anak jaman sekarang, masih TK yang dinyanyiin udah lagu cinta-cintaan. Dicekoki acara-acara musik nggak bermutu yang nggak seharusnya ditonton oleh mereka. Miris melihat adik sepupu saya, anak kelas 3 SD yang setiap hari meniru joget cuci-jemur-setrika. Well, proud to be 90's kid. :)


Meniru salam yang biasanya diucapkan oleh Mimin @birokreasi.
Tabik!


7 Comments

  1. HAHAHA jadi nostalgia gini ya hahaha

    ReplyDelete
  2. bang bing bung yuk kita nabung hahaha *LOL*

    ReplyDelete
  3. kalo anak sekarang paling setelannya coboy junior, eaaa :|

    ReplyDelete
  4. aaahhh, anak2 jaman sekarang nanyi nya malah lagu2 cinta2 an, lagu2 anak band dan lagu2 boyband girlband fotocopian korea :|

    ReplyDelete
  5. ada lagi yang jadi legend. lagunya Bondan Prakoso yang Lumba-Lumba, yakin pasti dulu ada yang beli kasetnya. Hidup anak 90's!!!

    ReplyDelete
  6. kereeeen dueeh anak 90 an...top lagunyaa!!!
    anak sekarang lagunya gk mendidik, mana rambut nya bukan anak sekolahan pulaa...panjang tutupin mata...gimana belajarnya tuuuh...lagu cinta2 an muluuu...gubraaak abeezz!!!...coba contoh deeeh lagu2 anak tahun 90 an yaaa...

    ReplyDelete

Amelia. Powered by Blogger.