3 tahun lalu, setelah memberi jeda untuk The Bends dan Ok Computer, saya akhirnya mau beranjak mendengarkan album-album Radiohead yang lain. Dimulai dari Kid A, saya memang tak menyukai album Radiohead pasca Ok Computer. Kecewa karena musik kolektif itu telah mangkat dari instrumen-instrumen menghanyutkan seperti dalam “Bullet Proof… I Wish I Was” dan “Let Down”.

Tak puas dengan Kid A, saya melewati Amnesiac dan Hail to the Thief. Malam itu, saya sedang dibikin gusar oleh seseorang dan menemukan eskapisme pada track ke-3 pada album In Rainbows. Pada menit pertama suara falsetto Thom Yorke berhasil mengantarkan saya pada lautan yang luas, saya tengah melayang-layang di dalamnya, membiarkan diri hanyut ke dalam dasar lautan dengan gerakan slow motion. Mata saya memejam. Kemudian pada verse kedua saya seperti melihat cahaya dari kejauhan. Menit 03.11 saya dihantam mamalia laut raksasa. Ia tak kunjung memamah tubuh saya lantas menghenyakkan tubuh saya asal. Saya kembali terbenam menuju dasar lautan yang sayangnya tak kunjung menemui dasarnya. Iya, tubuh saya melayang begitu saja tanpa arah.

Sialnya, saya selalu merasakan hal serupa setiap kali memutar lagu yang diciptakan tahun 1997 ini. Saya menikmati eskapismenya.


Amelia. Powered by Blogger.