Setiap minggu saya selalu pulang pergi kampung halaman - Surabaya dengan menumpang bis. Kenapa naik bis?. Karena saya ngga punya motor sendiri (dan belum berani nyetir motor di jalan gede), dan kalo naik bis emang ga ribet jauh-jauh naiknya dibanding kalo harus ke Stasiun kalo misalkan saya naik kereta. Dari kampung halaman saya menuju Surabaya paling ngga memakan waktu 2 jam-an, itu kalo sopir bisnya bisa kenceng dan ga macet. Sedikit cerita soal beberapa kali perjalanan saya dengan bis, yang terhitung sudah 3 tahun ini, karena saya selalu naik bis ekonomi jadi maklum kalo banyak pedagang asongan dan pengamen yang berseliweran.


Ngomong-ngomong soal pengamen yang mereka selalu datang dan pergi, naik dan turun dari bis satu ke bis yang lain ternyata mereka punya ciri khas masing-masing. Ada yang nyeleneh, ada yang #ehem agak maksa, ada yang lumayan, ada yang suaranya emang enak banget, dan ada yang seru abis ngamennya.
Saya adalah orang yg selektif untuk soal ngasih receh ke pengamen. Iya, saya ngga akan asal ngasih receh ke sembarang pengamen. Mungkin saya akan dianggap pelit. Tapi faktornya adalah kalo naik bis saya jarang bawa banyak recehan (namanya juga anak kuliahan dan anak perantauan ya, kere #eh). Saya akan ngasih receh ke pengamen yang saya bener-bener suka sama suaranya atau sama lagunya, dan kalo pengamennya ngebawainnya juga enak. Pengamen yang seru itu menurut saya, paling ngga suaranya boleh lah, ngga cempreng-cempreng amat, trus lagu yang dibawain juga lagu-lagu yang oke, selain itu ngegenjreng gitarnya juga mantap, ngga salah-salah kunci.

Pengamen biasanya ada yang sendirian sama ada yang bergerombol. Nah, saya suka nih biasanya sama yanng bergerombol, soalnya bawa alat musiknya lengkap, saya sering ngasih kalo sama pengamen yang semacem ini. Tapi lebih suka lagi sama pengamen yang sendirian, dia bawa gitar plus harmonika. Pengamen sejenis ini biasanya ngga ngebawain lagu-lagu yang biasa-biasa aja. Beberapa kali nemuin pengamen yg bawa gitar plus harmonika, mereka lebih sering nyanyiin lagu-lagunya Iwan Fals, Koesplus, Gombloh, dll. Yang jelas mereka nyanyiin musik-musik yang emang berkualitas. Salut deh sama pengamen seperti satu ini, karena mereka memainkan gitar sekaligus harmonika-nya dan saya ngga segan-segan ngasih receh lebih.

Paling empet banget sama pengamen yang udah suaranya cempreng, ngebawain lagunya udah asal-asalan, dan biasanya mereka cuma bawa Krecekan (itu loh yang dibikin sendiri dari tutup botol dipakuin ke kayu). Tapi rata-rata pengamen yang sering saya jumpai di bis-bis itu biasanya nyanyiin lagu-lagu Orkes Melayu yang lagi booming. Saya sih berharapnya pengamen itu nyanyiin lagunya The Beatles, The Smiths, Queen, Scorpions, dan lagu-lagu dari musisi yang cukup legendaris. Ada ngga sih pengamen di daerah lain yang nyanyiin lagu kayak gitu?.


2 Comments

  1. Sampai detik ini belum pernah nemuin pengamen yang nyanyi lagu yang aku suka. :|

    Kalo yang suaranya enak, cuma sekali...

    ReplyDelete
  2. Kan km sukanya Taylor Swift vi, jarang ada pengamen lokal yg tau lagu dia :D

    ReplyDelete

Amelia. Powered by Blogger.